CARA MERAWAT PRINTER EPSON

Printer EPSON R230 cetakannya memang bagus dan pada umumnya cukup bandel untuk usaha digital printing. SAYA juga memiliki printer jenis ini dan sudah berumur 10 bulan dan Alhamdulillah masih bisa bekerja dengan baik. Kerusakan printer pada umumnya bukan didasarkan pada waktu tapi harus dilihat dari volume kerja yang sudah dilakukan printer tersebut, misalkan dalam waktu seminggu printer telah mencetak 10.000 lbr pasti printheadnya akan turun kualitasnya. Semua printer baik kecil maupun besar memiliki batas pemakaian yang pada umumnya memang tidak kita perhatikan ketika membeli printer.

Untuk masalah yg ANDA alami ada beberapa hal yang bisa menjadikan penyebabnya yaitu :

1. Tinta, jenis tinta yang tidak berkualitas akan mempercepat rusaknya printhead karena bisa menyebabkan keausan atapun mampet sehingga hasil cetak akan bergaris atau warna tidak keluar. Oleh karena itu mungkin perlu anda evaluasi kembali jenis tinta yang anda pakai.
2. Sistem infus, apabila terjadi kemampetan atau tinta tidak keluar bisa juga karena sistem infusnya ada masalah, misal selang tertekuk, posisi terlalu rendah daripada printernya atau terjadi pengeringan tinta di selang. Sistem infus yang menggunakan selang sebenarnya kurang begitu praktis apalagi untuk tinta 6 warna ke atas karena akan menyebabkan lebih seringnya terjadi tinta macet akibat tidak meratanya pemakaian setiap tinta. Oleh karena itu selalu gunakan printer anda dengan mengeluarkan semua komposisi warna anda walau sedang tidak ada orderan, hal ini perlu anda lakukan lebih sering jika tinta yang anda gunakan berjenis pigment atau sublimasi. Untuk mengatasi tinta yang macet anda dapat melakukan penyedotan menggunakan suntikan yang telah dipotong khusus (biasanya dapat anda beli di tempat infusan) sampai tinta yang macet keluar, kemudian lakukan test print dengan mencetak warna blok sehalaman A4, apabila hasilnya sudah stabil maka dapat dipastikan bahwa sistem infusnya sudah normal.
3. Cip kotor, Cip yang ada di catridge printer bisa juga kotor sehingga perlu dibersihkan, untuk membersihkan cukup gosok dengan penghapus pensil asal selalu hati2 karena cip tersebut sangat sensitif, jangan sampai kena tinta atau air karena bisa konselt.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab masalah di printer anda. Intinya lakukan perawatan secara rutin agar printer lebih awet.

Untuk saran printer apa yang bandel, sebenarnya printer anda termasuk printer yang handal jadi tinggal bagaimana merawatnya saja. Pada dasarnya setiap printer memiliki kelebihan dan kelemahan sehingga harus dicocokkan dulu dengan konsentrasi bisnis anda, jika untuk photo maka Epson lebih rekomended, jika konsen ke pencetakan teknik atau grafis maka HP atau CANON lebih rekomenden, sedangkan untuk tipe dan lebarnya sesuaikan dengan keperluan anda intinya pilih printer yang tidak ribet perawatannya (printer dengan banyak warna lebih ribet perawatannya dibandingkan 4 warna terutama untuk anda pemakai system infuse). Apabila anda ingin lebih safe lagi gunakan saja printer dengan 4 warna agar tidak sering terjadi tinta macet dan satu lagi pilihlah printer yang printhead dan catridgenya terpisah karena lebih mudah perawatannya.

Satu Balasan ke CARA MERAWAT PRINTER EPSON

  1. rizky mengatakan:

    printer headnya kualitasnya da turun tapi modal gua da balik, gak pa-pa deh. . .. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: